Backpacker Jawa – Bali – Lombok

Terkadang ide gila muncul secara tiba-tiba dan langsung dieksekusi, terkadang juga banyak rencana tapi jarang realisasi. Itulah gambaran perjalanan kali ini yang bemula dari ide spontan dan langsung kita realisasikan. Liburan semester di kampus kita cukup panjang dari akhir Desember hingga Januari. Start dari tanggal 24 Desember 2009 dan berakhir tanggal 05 Januari 2010 kita mulai perjalanan menyusuri 3 pulau : Jawa, Bali dan Lombok.

24 Desember 2009

01. Bandung

Perjalanan dimulai dari Kota Bandung, siang hari 8 orang mahasiswa berangkat ke Kota Cirebon mengguanakan bus patas AC. 8 orang ini termasuk 2 orang asal Cirebon yang ikut pulang ke kampung halamnnya tapi tidak ikut melanjutkan perjalanan.

02. Cirebon

Di Cirebon kita sempatkan mampir ke salah satu rumah teman yang ikut rombongan. Istirahat sejenak, sholat, menghabiskan snack dan makan siang gratis hehešŸ™‚. Setelah selesai, kita diantar menggunakan mobil terbuka menuju Stasiun Parujakan untuk menuju kerumah saya di Kota Pekalongan menggunakan kereta malam ekonomi.

03. Pekalongan

Sampai di Kota Pekalongan sekitar pukul 23.00, gak banyak opsi kendaraan umum yang murah untuk kerumah lalu kita putuskan untuk jalan kaki dari Stasiun Pekalongan ke rumah saya di Keputran.

25 Desember 2009

Masih di Kota Pekalongan, karena sekarang libur semester, banyak mahasiswa yang pulang kampung, termasuk teman se-asrama di BG yang bernama Reda, dia juga orang asli Pekalongan., maka dari itu mari kita berkunjung ke rumahnya. Jangan dikira walaupun sama-sama satu kampung halaman jangan dikira perjalanan ini cuma sebentar, ini menempuh hampir 1jam perjalanan, karena ia tinggal di Kabupaten Pekalongan alias Kajen. Segeralah kita mengendarai motor dan berangkat. Setelah bersilaturahmi kita pamitan pulang dan tak lupa beli durian di Karang Anyar untuk oleh-oleh rumah. Sampai rumah kita istirahat sebentar dan berkemas-kemas untuk melanjutkan perjalanan ke Semarang. Bus yang mengantarkan kita adalah bus jurusan Bandung-Semarang bernama Sami Djaja, bus ekonomi non-ac non-patas, cukup tidak nyaman menaiki bus ini dan lama (salah pilih).

04. Semarang

Sekitar insya kami sampai di Semarang, langsung saja kita menuju Masjid Baiturrahman di kawasan Simpang Lima Semarang habis itu makan malam ala nasi kucing dan kebetulan ada acara Cak Nun dan Kiyai Kanjengnya disebelah masjid, wow. Di kota ini tidak ada teman kampus yang bisa dikunjungi, karena mereka belum pada pulang, lalu kita putuskan untuk langsung berangkat menuju Tuban di malam yang hujan deras dan gelap gulita (hehe lebay). Diputuskan untuk carter angkot menuju terminal bis. Tak berapa lama kita dapat bis dan berangkat, syukurlah.

26 Desember 2009

05. Tuban

Sampailah kita di rumah Heri di daerah Bulu, Tuban sekitar pukul 02.00 WIB. Rumahnya sangat dekat dengan jalan utama pantura, hanya dengan berjalan kaki sekitar 1 menit dan sampailah kita, ngobrol sebentar dan tidurr (ngantuk berat). Pagi hari, sarapan dan langsung cabut ke Kota Tuban dengan tujuan rumah A’im. Hanya memakan waktu tak lebih dari 1jam kita sampai ke rumah A’im dan makan siang kita. Tanpa basa-basi kita lanjutkan berwisata, lumayan banyak yang kita jelajahi hanya dengan waktu yang singkat : Makam Sunan Bonang, Goa Akbar dan Klenteng Kwan Sing Bio. Sore hari kita harus bergegas berangkat menuju Rengel rumah Sufi dengan menaiki mobil Elf, kalau telat sedikit kita tidak akan dapatkan mobil ke Rengel di hari itu karena sore itulah yang terakhir, wew. Untungnya kita dapat juga mobilnya dan bermalam di rumah Sufi dengan banyak menemukan keganjilan dan cerita misteri di malam itu.

Ceritanya masih panjang nih, tapi kita sambung nanti ya kapan-kapan.

Jalur selanjutnya : Bojonegoro – Surabaya – Prong – Probolinggo – Gili Manuk – Denpasar – Nusa Dua – Mataram – Gili Trawangan – Mataram – Probolinggo – Bromo – Malang – Surabaya – Jakarta – Serpong – Bandung