Wisata Bulan Ramadhan di Makassar

Mungkin tak perlu saya jelaskan lagi bagaimana saya mendaparkan tiket ke Makassar, ya… pasti karena tiket promo hehe. Tiket didapat PP CGK-UPG 90.000 dari maskapai AirAsia. Jalan-jalan ini berlangsung 4hr (20-23 Juli 2013) dan itu bertepatan dengan ibadah puasa dibulan Ramadhan. Wow, mantapp…

20 Juli 2013

Perjalanan dimulai dari Bandung, dengan menggunakan bus primajasa kita berangkat ke Bandara Soetta di Cengkareng. Tiket bus ini harganya 90.000 sama seperti tiket PP pesawat haha. Berangkat sekitar pukul 12.00 wib mengejar pesawat yang akan terbang pukul 21.00 wib. Sampai Bandara Soetta kebetulan pas maghrib, saatnya kita berbuka puasa. Pihak Angkasa Pura II yang mengelola bandara ini memberikan ta’jil gratis, Alhamdulillah. Oya, sebenarnya tiket sudah dibeli untuk 6 orang, tapi yang jadi berangkat hanya 4 orang.

Setelah menunggu sekitar 3 jam di Bandara Soetta, akhirnya kita terbang juga ke Makassar. Sampai di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar kita foto-foto dulu dan menghabiskan malam disini🙂 namanya juga backpacker, siap tidur di mana saja.

21 Juli 2013

Tak lama kita memejamkan mata, tiba-tiba alarm berbunyi mengajak bangun dan santap sahur, serta sebagai tanda dimulainya perjalanan kita menelusuri Kota Makassar di hari itu, lets’go.

Bandara Sultan Hasanuddin

Depan Benteng Fort Rotterdam

Suasana didalam Benteng Fort Rotterdam

Pantai Losari

Masjid "mengapung" Amirul Mukminin

Masjid “mengapung” Amirul Mukminin

Sunset dan Buka Puasa

Pada malam itu kita putuskan untuk bermalam di New Legend Hotel, sekedar mandi dan merebahkan badan.

22 Juli 2013

Pukul 03.00 kita bangun dan makan sahur, di hotel ini menyediakan makan sahur bagi yang berpuasa. Matahari pagi meyerebak dari timur saatnya muter-muter lagi. Ternyata hotel kita dekat dengan Lapangan Karebosi dan Makam Pangeran Diponegoro, maka kita sempatkan mampir.

Setelah ziarah ke Makam Pangeran Diponegoro, kita mengenang sejarah dengan mengunjungi Monumen Mandala. Monumen ini sebagai tempat peringatan pembebasan Irian Barat.

Pada hari itu kita bermalam di tempat teman yang tinggal di Kota Makassar.

23 Juli 2013

Hari terakhir perjalanan, kita manfaatkan untuk sekedar mampir ke trans studio walaupun gak masuk karena waktunya mepet setelah itu kita berburu oleh-oleh khas Makassar.

Selesai berbelanja oleh-oleh, kita siap-siap berkemas untuk pulang. Perjalanan ke Bandara Sultan Hasanuddin menggunakan mobil teman. Selamat jalan Makassar, sampai berjumpa lagi.