Sendiri Saja : Singapura – Malaysia

Haloo… Assalamualikum Warohmatullah hi Wabaraokatuh, waktu bulan September 2012 kemarin dapat info AirAsia bakal ada promo tiket murah hampir ke semua destinasi, wow menarik sekali. Pas hari perebutan tiket AirAsia siap-siap saya di depan laptop dengan koneksi internet BizNet yang hanya bayar IDR70.000/bulan hehe. Oke i’m ready, klak-klik mouse komputer mari kita berselancar di web airasia.com, wah murah-murah harga tiketnya bikin ngiler. Wah, mau kemana ya? ini ada BDO-SIN hargaya cuma IDR66.000 harga segini buat pulang ke Pekalongan aja gak cukup, tapi ini malah bisa terbang ke Singapura. Pulangnya saya buat dari KUL-BDO cuma IDR127.000 (harga segini sudah plus pajak bandara loo). Dulu pernah juga jalan-jalan bareng teman-teman asarama sekitar 2th lalu dengan jalur yang sama, dengan perjalannan Singapura – Kuala Lumpur menggunakan bus, tapi kali ini saya buat berbeda, karena kebetulan ada tiket murah dari Johor Bahru – Kuala Lumpur saya rencanakan SIN-JHB via bus dan JHB-KUL via udara, harga tiketnya MYR37 wow murah banget. Tanggal tiket untuk BDO-SIN 09 Juni 2013, JHB-KUL 10 Juni 2013 dan KUL-BDO 11 Juni 2013.

09 Juni 2013

Pagi-pagi Bandung dingin sekali, di tiket ditulis boarding 05.40, dengan diantar oleh teman saya menuju bandara Husein Sastranegara Bandung, sebelumnya mampir indomaret buat beli roti dan minuman, karena udah cek-in online sampai di Bandara langsung bayar pajak IDR75.000 dan menunggu imigrasi buka. Oya, catatan : uang saku yang saya bawa untuk perjalanan ini yaitu IDR300.000, MYR220 dan SGD63. Jam 05.00 imigrasi buka, langsung boarding dan tak lupa sholat subuh dulu diruang tunggu🙂 Setelah masuk pesawat ternyata saya dapat tempat duduk, saya kira bayar tiket IDR66.000 bakal ngampar dibawah pake tiker atau duduk di kamar mandi, ternyata dapet tempat duduk juga hehe.

2

Setelah sampai di Changi Airport. Karena masih terlalu pagi kita jalan-jalan di bandara dulu, nikmati kereta antar terminal gratis dan bermain-main.

Changi Airport

sesuai rencana yang tentunya sudah direncanakan, saatnya saya ke hostel di kawasan Paya Lebar, dari changi tinggal pake MRT langsung bisa ke Paya Lebar, nah dari stasiun tinggal jalan kaki ke hostelnya. Oya buat naik MRT tinggal beli kartu seperti ezlink, kartu ini bisa dipake buat naik kereta dan bis di Singapore, kalo di Indonesia baru-baru ini udah digalakan yaitu kartu buat komuter. Sengingat saya dulu dikartu ezlink ini masih ada saldonya, pas 2 tahun terakhir kesini, setelah dicek eh masih ada 7SGD hore… Sesampainya di stasiun Paya Lebar saya langsung menuju hostel sekitar pukul 10.00 setelah ketemu hostelnya OMG baru bisa cek in jam 12.00, 2 jam dong saya harus nunggu? eh… setelah tangak-tengok ada hostel lagi tu disebelahnya, jarak 20m namanya Just Inn, coba tanya kesana ternyata gak jauh beda harganya dan langsung boleh cek-in. Dengan harga semalam 24SGD dan deposit 26SGD yang nantinya bisa dibalikin pas cek-out saya bisa dapat kamar dorm untuk 6 orang dengan 3 kasur tingkat. Ada yang lucu mengenai deposit ini, sang penjaga hostel yang keturunan india ini meminta saya 50SGD karena saya harus deposit 26SGD, maka timbullah percakapan a : penjaga hostel keturunan india; b : Calon tamu alias saya sendiri

a : aca.. aca.. u must pay 50USD lah, 24USD for room and 26USD deposit key

dengan inggris yang asal, saya coba balas,

b : bbbuutt sir, my money only 70SGD if i deposit, i only have 20SGD to traveling in singapore… (sedih amat ya gue)

a : where are u from?

b : Indonesia

a : I see… (pantes…) u kere traveller ya?

Akhirnya pak india tadi mengijinkan saya untuk gak deposit… Alhamdulillah…

Oke, mari kita mandi dulu sebelum berkelana di negara / kota Singapura. Tujuan pertama yaitu Sakya Temple dengan naik bis saya melaju (rencana awal pake kereta, setelah lihat jalur peta enakan pake bis) oya, buat yang mau ke Singapura gak perlu takut kesasar, transport disini jelas dan teratur sangat mudah untuk kemana-mana. Ini dia jalur perjalanan yang saya rencanakan di peta dengan bantuan mbah google earth.

1380114_10201339459041047_1327418409_n

dengan mengikuti alur yang udah dibuat saya mulai jalan-jalan ini dari jam 13.00- jam 21.00 dan inilah hasilnya

Little India

Bugis Street

Arab Street

Merlion

Clarke Quay

Percayakah anda dari pagi hingga malam saya cuma makan roti + snack dan minum air putih? haha namanya backpacker yang diinget jalan-jalannya aja, sampe lupa makan, tapi pas malam pulang ke hostel akhirnya saya makan nasi di warung dekat hostel. Alhamdulillah hari ini selesai, mari kita tidur dan besok kita berpetualang lagi.

10 Juni 2013

Wah sudah pagi, masih ada waktu buat jalan-jalan keliling Singapura soalnya tiket JHB-KUL pukul 20.40 kemana ya enaknya? oke kita ke taman kota saja dan sempatkan jalan-jalan ke Sentosa Island sepertinya menarik. Let’s cek-out hostel dan berangkat, berbekal sarapan mie cup dan apel yang dibeli kemarin malam saya berangkat. Pertama ke Labrador Park, di tempat ini umumnya untuk orang joging dan bersantai menikmati udara segar dari sana langsung kita ke Sentosa.

Labrador Park

Keppel Island (tembusan dari labrador park)

Keppel Island (tembusan dari labrador park)

Sentosa Island

Sentosa Island

Setelah bejalan berkeliling Singapura, kini saatnya saya melanjutkan perjalanan menuju Kuala Lumpur – Malaysia. Perjalanan diawali dengan menggunakan bus SBS menuju Johor Bahru Sentral, setelah itu dilanjutkan menggunakan bus dari JHB Sentral menuju Bandara Senai dan dilanjutkan terbang ke Kuala Lumpur.  Akan tetapi, sepertinya hari ini saya tidak beruntung, karena bus dari JHB Sentral ke Bandara Sinai tidak beroperasi dan akan beroperasi kembali besok.

Saya disarankan untuk menggunakan bus umum ke arah Senai turun halte bus terdekat dengan Bandara dan dilanjutkan dengan naik Taksi. Sepertinya ini ide bagus, tapi perjalanan tidak semulus yang dibayangkan. Sepertinya saya nyasar kemana-mana dan harus berkali-kali turun naik bus umum. Setelah beberapa jam, akhirnya sampai juga di halte yang dimaksud dan saya naik taksi ke bandara. Ternyata untuk taksi yang menuju bandara dikenakan bayaran awal 12MYR diluar biaya argo, wow tekor dong, biaya taksi total yang dibayarkan jadi : 12MYR + argo 6MYR = 18MYR 😦 jadi kalau ditotal perjalanan SIN-KUL menghabiskan biaya : taksi 18MYR + tiket pesawat 37MYR = 55MYR wow dahsyatt. Padahal waktu saya pergi dari SIN-KUL 2 tahun lalu pakai bus ac hanya habis IDR90.000 tapi sepertinya untuk harga sekarang masih bisa diterimalah.

Johor Bahru

Johor Bahru

Pengumuman Mengejutkan

Pengumuman Mengejutkan

Bandara Senai

Bandara Senai

Perjalanan masih berlanjut, petualangan baru menanti, sampai Kuala Lumpur malam hari. Sebagai petualang yang kurang uang, diputuskan untuk bermalam di KL Sentral, ternyata eh ternyata bayak juga traveller yang bernasib sama. Banyak turis-turis luar Malaysia bermalam di KL Sentral, ada yang tidur diantara mesin ATM, numpang konek wifi dan tidur di MCD 24 jam, tidur berkelompok sesama traveller di salah satu sudut gedung dll. Sepertinya pemandangan ini biasa terjadi setiap hari, soalnya bagian keamanan membiarkan begitu saja, seperti sudah biasa. Saya memilih bermodal dikit untuk numpang internetan dan tidur di MCD hehe.

11 Juni 2013

Tak terasa sudah subuh, pintu surau di KL Sentral pun dibuka, langsung saja saya cuci muka, sholat dan berangkat meng-eksplor KL.

Batu Cave

Batu Cave

Kuala Lumpur City

Kuala Lumpur City

Putra Jaya

Putra Jaya

Perjalanan diakhiri sampai disini, terima kasih

Leave a Reply

