Belitung : Pesonamu Menggelapkan Kulitku

Dapet kabar dari sosial media, katanya bakal ada promo tiket pesawat citilink PP 110.000 salah satunya CGK-TJQ alias Jakarta – Tanjung Pandan. Tanpa menunda-nunda lagi langsung saja saya booking buat tanggal 30 Nov – 04 Des 2013, karena sekali penerbangan cuma 1 tiket promo, teman saya yang lain booking dihari berikutnya.

Tiket sudah didapat, sekarang kita rencanakan perjalanan, pertama kita plot dahulu tempat-tempat wisata di Belitung. Dengan bantuan om Google Earth dan info tempat wisata saya dapatkan sebaran tempat wisata Belitung seperti ini :

Peta BelitungPlot tempat wisata sudah tinggal cari tempat buat menginap yang murah meriah alias murmer, setelah berselancar di dunia maya kita pastikan untuk menginap di Hotel Mendanau per malam sekitar 175.000 untuk 2 orang. Persiapan telah siap mari kita siap-siap untuk berangkat…

Perjalanan menempuh waktu sekitar 1,5 jam sampai Bandara Hanandjoeddin (TJQ) sekitar pukul 07.30.

CGK-TJQSetelah sampai bandara saya langsung mencari mobil travel untuk ke Kota Tanjung Pandan, kalau pakai mobil tavel dari bandara kita akan ditanya mau langsung atau tunggu. Maksudnya kalau langsung berati kita bayar penuh sewa mobilnya 150.000 tapi kalau tunggu kita harus menunggu sang sopir dapat penumpang banyak baru bisa berangkat, karena parameter uang lebih besar efeknya daripada parameter waktu maka saya pilih tunggu hehe. Tarifnya 40.000 tapi saya tawar 30,000 dan beliau mau, akhirnya setelah menunggu sekitar 30menitan saya diangkut ke kota langsung ke Hotel Mendanau.

2

Setelah mandi dan gosok gigi langsung kita jalan-jalan, masih pagi kita jalan kaki aja, cari spot wisata yang dekat penginapan. Tempat-tempat yang dikunjungi dihari pertama tanggal 30 November 2013 :

Pelabuhan Tanjung Pandan

Gedung Nasional

Gedung Nasional

Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tanjung Pendam

Titik "0 KM" Kota Tanjung Pandan

Titik “0 KM” Kota Tanjung Pandan

Museum Tanjung Pandan

Museum Tanjung Pandan

Rumah Tuan Kuase

Rumah Tuan Kuase

Masjid Al-Ihram

Masjid Al-Ihram

Tugu Batu Satam

Tugu Batu Satam

Sampai menjelang sore hari saya jalan kaki, diputuskan untuk balik ke penginapan, kondisi udah capek sekali. Bayangkan saja, perjalanan dari Bandung ke Bandara Soetta tengah malam, hanya ada kesempatan tidur di bis yang cuma 2,5jam perjalanan dan di pesawat 1jam. Keterangan : Tiket masuk Museum 2.000 dan Pantai Tanjung Pendam 2.000.

Di hotel saya coba cari informasi mengenai sewa motor untuk perjalanan besok, dari sekian banyak kontak yang saya dapat dari info di internet hanya 2 yang menjawab dan mereka semuanya kompakan jawabnya “sewa motor 70.000/hr”. Padahal infonya mengatakan 50.000/hr, tapi setelah kontak sana-sini dapat juga sewa motor 50.000/hr, jarak tempat sewanya cukup dekat dengan penginapan. Buat para traveller yang mau ke Belitung, ini saya kasih peta lokasi tempat penyewaan motornya :

Tempat sewa motor(No. kontak HP : 081929744689)

Hari berikutnya tanggal 01 Desember 2013 dua teman saya sampai di bandara, langsung saja saya jemput pakai motor sewaan, dari bandara kita ke hotel, taruh barang, mandi dan berangkat melaksanakan rencana perjalanan paket 1, apa aja ragkaian perjalanan paket 1 ini? berikut ulasannya hehe.

Peta paket 1Dengan berbekal bismillah dan dua motor matic kita berangkat menyusuri Belitung yang mendung dan sejuk, berikut loasi wisata yang dilewati dari jalur 1 :

Danau Mempayak

Danau Mempayak

Dock Kapal

Dock Kapal

Pantai Bukit Batu

Pantai Bukit Batu

Pantai Burung Mandi

Pantai Burung Mandi

Vihara Sun Gu Kong

Vihara Sun Gu Kong

Vihara Dewi Kwan Im

Vihara Dewi Kwan Im

Masjid Agung Darussalam

Masjid Agung Darussalam

Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata

Replika SD Muhammadyah (Laskar Pelangi)

Replika SD Muhammadyah (Laskar Pelangi)

Total perjalanan yang kami tempuh dalam sehari +-200km cukup mumbuat pegal-pegal punggung dan pundak. Tapi semua itu terbayar dengan keindahan pantai dan wisata laskar pelangi Pulau Belitung. Keteranga : Tiket masuk Pantai Bukit Batu 5.000 (dapat info katanya pantai ini punya Pak Ahok), Pantai Burung Mandi 2.000, Sewa Motor 50.000 dan habis bensin +- 40.000.

Hari ketiga tanggal 02 Desember 2013, saatnya melaksanakan perjalanan paket 2, ini dia petanya :

21Berbeda jauh dengan paket 1, jalur hari ini hanya separuhnya dari yang kemarin, bisa disebut jalur pantai, karena kita akan menemukan spot-spot pantai di sepanjang perjalanan. Penasaran apa aja yang ada di paket 2 ini? cekidot :

Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi

Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas

Pantai Tanjung Klayang

Pantai Tanjung Klayang

Semua lokasi wisata hari ketiga ini free, Pantai Tanjung Tinggi pasirnya sangat halus dan putih. Kita semua berenang, tenggelam dalam keriangan, tapi setelah itu kulit menjadi gelap terbakar sengatan matahari hehe (bawa sunblok tapi gak dipakai, gak sabar pingin langsung berenang aja). SubhanAllah karya-Mu engkau tuangkan indah di Pulau Belitung.

Hari keempat 03 Desember 2013, tidak ada rencana yang pasti mau jalan-jalan kemana. Rencana paket hanya berhenti sampai paket 2, akhirnya kita putuskan untuk jalan-jalan pake motor kearah selatan dan ini yang kami dapatkan :

Kuliner Belitung1. Pelabuhan Tanjung Batu; 2. Nikmati kelapa muda di Pantai Tanjung Pendam; 3. Kuliner di RM Belitong Timpo Duluk; 4. Mie Belitung Atep

Hari kelima tanggal 04 Desember 2013, meninggalkan pulau Belitung dengan membawa kenangan🙂

Pesan terakhir dari sponsor :

25Cerita ini menggunakan : Satuan harga IDR dan zona waktu WIB.

Foto-foto diatas merupakan koleksi pribadi bukan men-copy dari web lain (fotografer : Seiful, Iman dan Reza).

2 responses to “Belitung : Pesonamu Menggelapkan Kulitku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s